Reza Ayu Menyerap Aspirasi Masyarakat Madiun – Nganjuk

Reza Ayu Palupi Caleg DPRD Provinsi Jawa Timur Dapil XI saat Menyapa Masyarakat di Warung Kopi Madiun

 

SELASA (22/1) – Pendidikan dan ekonomi masyarakat masih menjadi kebutuhan masyarakat Madiun dan Nganjuk yang belum terpenuhi secara merata. Hal itu terungkap ketika Reza Ayu Palupi Caleg DPRD Provinsi Jawa Timur mendatangi masyarakat Madiun pada Minggu (20/1).

Salah satu petani yang ditemui, Pak Sarmun merasa kesempatan mendapatkan pendidikan tinggi bukanlah mimpi semata.

“Saya itu sekolahnya sudah rendah sedang saya anak-anak saya mendapat pendidikan yang lebih baik,” ucap Pak Sarmun salah satu petani.

Perempuan yang baru saja menamatkan pendidikan S1 Pend. Akuntansi di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ini mengatakan, bahwa sekadar informasi mengenai beasiswa melanjutkan sekolah pun minim.

“Begitu miris melihat kampung saya berasal informasi beasiswa tidak diketahui oleh mereka-mereka yang membutuhkan,” sesalnya.

Reza Sapa Petani di Sawah

 

Terkait pendidikan, Reza -sapaan akrabnya, menginginkan perlunya penyebaran informasi yang lebih meluas terutama di tingkat desa.

“Pusat-pusat literasi perlu ditumbuhkembangkan di tingkat desa. Selain sebagai literasi, informasi mengenai pendidikan akan lebih mudah dijangkau oleh masyarakat,” ucap Reza.

Sementara, Reza merasa tidak adanya tingkat pertumbuhan ekonomi di desa alias stagnan.

“Banyak masyarakat desa di sini yang menganggur. Lainnya pun petani, buruh bangunan, dan sebagian banyak berternak lele dan ayam meskipun tidak terlihat pertumbuhannya,” ungkap Reza.

Menurut Reza, potensi-potensi kewirausahaan di desa tersebut dapat dipasarkan secara luas seiring dengan perkembangan teknologi informasi.

“Dengan sinergi UMKM berbasis e-commerce, hasil produksi dapat dipasarkan secara online dan perekonomian masyarakat dapat meningkat,” pungkas Reza.

 

(AFT)

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *